Komitmen Kembangkan BIPA dan Raih ISO, Cilacs UII Sambangi Udayana Bali dan ITS Surabaya

Foto bersama Cilacs UII dan UPT Bahasa Budaya ITS Surabaya

 

Dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepan unutk pengembangan perusahaan agar lebih baik dan memenuhi target yang ditetapkan Cilacs UII  studi banding (benchmark) ke Universitas Udayana Bali tentang pengembangan Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) serta ke UPT Bahasa dan Budaya  Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tentang sertifikasi ISO 9001. Kegiatan ini juga merupakan rangkain Milad Cilacs UII ke 16 yang mengangkat tema One Will, One Goal, Quality to the Core.

Kunjungan pertama berlangsung Senin 11 Februari 2019, rombongan manajemen Cilacs UII yang dipimpin langsung oleh Kepala Cilacs UII Fitri Nugrahei, Ph.D ditemui secara langsung oleh Kepala BIPA FIB Universitas Udayana Bali Ni Mada Dharmawaty. Kedua belah pihak saling bertukar pengalaman pengembangan BIPA, dalam diskusi rombongan Cilacs UII banyak menggali strategi keberhasilan BIPA Universitas Udayana saat ini.

Kepala Cilacs UII Fitri Nugraheni, Ph.D menyerahkan cinderamata kepada Kepala BIPA FIB Universitas Udayana Bali Ni Mada Dharmawaty.

Kegiatan kunjungan dilanjutkan pada hari Rabu 13 Februari 2019 untuk menuju UPT Bahasa dan Budaya serta Humas Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tentang pencapaian sertifikasi internasional ISO dan pengelolaan website perusahaan.

Saat berkunjung ke UPT Bahasa dan Budaya serta Humas Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Kepala Cilacs UII Fitri Nugraheni, Ph.D disambut oleh Kepala UPT Bahasa dan Budaya ITS Ratna Rintaningrum, S.S., M.Ed., Ph.D. Dalam pertemuan yang berlangsung santai tersebut Cilacs UII mendapatkan banyak sekali pengetahuan baru tentang pengelolaan dan pengembangan pusat bahasa agar dapat mencapai standar.

Kepala Cilacs UII Fitri Nugraheni, Ph.D menyerahkan cinderamata kepada Kepala UPT Bahasa ITS Ratna Rintaningrum, S.S., M.Ed., Ph.D

Kunjungan selanjutnya yaitu menggali perihal pengelolaan website instansi yang dilaksanakan di Unit Protokoler, Promosi dan Humas Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), pertemuan lebih banyak membahas teknis dan manajemen tata kelola website yang dilakukan di ITS Surabaya.

Tim Cilacs UII berdiskusi tentang pengelolaan website yang dilakukan di ITS Surabaya

Pada akhir rangkaian kegiatan kunjungan kali ini, tim Cilacs UII juga berkesempatan melakukan kunjungan tambahan dengan tujuan silaturrahim serta pengenalan perusahaan di UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, rombongan Cilacs UII iterima dengan hangat oleh Wakil Rektor I Wahidah Zein Br Siregar, Dra., MA., Ph.D yang didampingi oleh Imas Maesaroh, Dip.IM-Lib., M.Lib., Ph.D. dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Rombongan Cilacs UII saat bersilaturrahim dan perkenalan lembaga ke UIN Sunan Ampel Surabaya

Seluruh rangkain pertemuan yang dilaksanakan kali ini tentu memiliki tujuan postif agar mendapatkan pengalaman baru dan inspirasi dalam pengembangan pelayanan kepada customer dan membawa dampak positif nantinya. (Ank)