Persiapkan Lulusan Berkualitas STIMARYO Bekali Kemampuan Berbahasa Inggris

Kompetensi Bahasa Inggris adalah alat komunikasi vital bagi seseorang saat bekerja di atas kapal. Terlebih lagi jika harus berlayar menggunakan kapal-kapal asing. Menguasai bahasa Inggris bagi pelaut suatu kewajiban, jika kemampuan bahasa tidak dikuasai dengan baik bisa terjadi miskomunikasi dalam  menerima perintah sehingga dalam mengerjakan tugas dapat berakibat menimbulkan berbagai resiko terutama yang terkait dengan keselamatan dalam pelayaran.

Dalam mempersiapkan lulusan-lulusan terbaiknya, STIMARYO  (Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta) bekerjasama dengan Center for International Language and Cultural Studies CILACS)-Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dalam program pelatihan bahasa Inggris untuk komunikasi internasional.

Program yang dijalankan ini meliputi pembelajaran Conversation (percakapan) bagi taruna STIMARYO. Program ini berlangsung mulai Februari 2021 dengan ditandai dilaksanakannya Studium Generale pada Kamis, 4 Februari 2021 yang dilaksanakan secara daring (online). Dibuka secara resmi oleh Kepala CILACS UII Lizda Izwari, S.T., M.Sc, dalam sambutannya Lizda Iswari mengucapkan terima kasih kepada STIMARYO yang telah mempercayakan program ini kepada CILACS UII. Lebih lanjut Lizda menyampaikan bahwa memiliki keahlian untuk berbicara di dunia luas salah satunya yaitu bahasa Inggris yang diunakan untuk berkomunikasi akan menunjang sebuah keberhasilan. Namun demikian, kesuksesan program ini tergantung juga kepada individu yang menjalankannya, keaktifan peserta untuk berani berbicara dan mampu mengungkapkan ide akan menjadi poin penting keberhasilan program ini.  Dalam akhir sambutannya Lizda menyampaikan harapan agar program ini bisa memberikan manfaat berkembangnya kemampuan bahasa Inggris seluruh peserta.

Yang menarik dalam stadium general kali ini dilaksanalkan juga sesi motivasi belajar bahasa Inggris dengan menghadirkan salah satu pembicara yaitu Mr. Yono Malakiano yang dengan penuh semangat memberikan wawasan dan berbagai tips menguasahi bahasa Inggris dengan baik. Program Conversation ini sendiri rencananya dijalankan dua kali dalam setahun yang berfungsi mewadahi serta membekali  kemampuan seluruh taruna STIMARYO sebelum mereka lulus.

Sementara itu, Heni Dwi Iryanti, S.Pd., M.Pd (Kepala UPT Bahasa STIMARYO) menyampaikan bahwa pelatihan bahasa Inggris ini bersifat wajib bagi seluruh taruna STIMARYO sebagai pengganti  pelatihan sebelumnya pernah dilaksanakan di tempat lain. Secara terpisah Suprihatin, S.Pd (Ka.Dept Akademik CILACS UII) saat dikonfirmasi terkait materi pembelajaran menjelaskan bahwa program Conversation ini akan dikemas dalam konsep Online Class dengan mengadopsi Blended Learning ( Synchrone & a-Synchrone) dimana peserta nantinya tetap bisa berlatih aktif berbicara dan menyampaikan sebuah ide dalam bahasa Inggris. (Ank/Iyn)