Siswa BIPA Cilacs UII Belajar Memasak Lodeh

Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA), Cilacs UII merupakan program pelatihan Bahasa Indonesia bagi penutur asing. Program BIPA Cilacs UII ini sudah ada sejak tahun 2003 semenjak berdirinya Cilacs UII. Namun dalam perkembangannya saat ini sudah mengalami banyak perubahan baik secara kualitas maupun metodenya.

Lebih lagi dengan adanya program Future Global Leaders Scholarships (FGLS) UII berasal dari negara Yaman, Saudi Arabia, Nigeria, Pakistan, Zimbabwe, Palestina, Algeria, Thailand, dan Australia. Coordinator BIPA Cilacs UII, Mr Saras Bayu Jatmiko menjelaskan bahwa materi BIPA Cilacs yang digunakan saat inii bervariasi dari tingkat 1 sampai dengan tingkat 3,  menggunakan metode pembelajaran yang sangat menarik, peserta akan dikengenalkan kebudayaan Indonesia. Salah satunya adalah budaya Jawa, selain mengunjungi beberapa museum, juga mengunjungi candi, makam raja Mataram, berbelanja di pasar tradisional, menari, Jemparing (panahan), serta memasak menu khas Jawa.

Siswa BIPA sedang praktek menggoreng tempe

Pada hari Selasa, 24 Januari 2023 lalu, beberapa mahasiswa asing diajak untuk mengenal sekaligus mempraktekan memasak lodeh, menggoreng tempe dll. Mereka tampak antusias dan sangat menikmati kegiatan tersebut.

Saras berharap bahawa, peserta dapat memahami Indonesia dari sudut pandang baru, antara lain dari bahasa yang digunakan oleh penutur asli serta beragam kegiatan/gelar budaya yang sudah mereka pelajari atau lakukan. Peserta juga diharapkan agar tidak berpuas diri, terus menerus belajar dan mempraktikkan/menggunakan Bahasa Indonesia agar bisa menguasainya, sebab penguasaan bahasa asing dimulai dari seberapa sering bahasa tersebut digunakan dan dipraktikkan. (Ank)