Examiner British Council Lakukan Speaking Test Secara Face to Face

Minggu, 27 November 2022, Cilacs UII dan British Council menyelenggarakan IELTS on Computer (IoC) di kantor Cilacs UII, Jl. Demangan Baru 24 Yogyakarta secara Closed Session (jadwal khusus). Tes IELTS™ ini tidak ada bedanya dengan tes IELTS™ yang sudah berjalan saat ini. Hanya saja, pada tes kemarin sesi Speaking test dilaksanakn secara face to face (tatap muka) oleh examiner British Council.  Proses ini baru pertama dilaksanalkan sejak adanya pandemi Covid-19 tahun 2020 lalu, sementara ini tes IELTS™  dilaksanakan secara on-line.

Ratna Roostika, S.E, MAC., Ph.D (Kepala Cilacs) bersama Tim IELTS Cilacs UII foto bersama dengan tim British Council

 

Seperti kita ketahui bersama bahwa Cilacs UII adalah salah satu venue test CD-IELTS di Indonesia untuk wilayah DIY-Jateng, model tes yang berjalan saat ini yaitu menggunakan komputer secara on-line. Hal Ini memberikan kemudahan untuk peserta yang lebih menyukai pengerjaan tes secara paperless. Salah satu keuntungan tes berbasis komputer yaitu pada sesi writing, terdapat fitur word count yang bisa membantu peserta menghitung jumlah kata pada tulisan mereka. Sedangkan sesi Speaking dilaksanakan menggunakan media khusus yaitu video conference.

Bagi instansi, lembaga atau komunitas tertentu yang menginginkan tes secara closed session dapat mengajukan melalui Cilacs dengan mengisi beberapa formulir. Tes IELTS™ dilaksnakan dalam 4 sesi yaitu Listening, Reading, Writing dan Speaking. (Ank)