Bagi dunia pendidikan istilah TOEFL ITP® atau singkatan dari Test of English as a Foreign Language- Intitutional Testing Program yang merupakan tes Bahasa Inggris sudah tidak asing lagi. TOEFL ITP®  yang merupakan salah satu ujian bahasa Inggris kerap menjadi persyaratan kuliah atau bekerja di dalam dan luar negeri terutama di negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Mengingat bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan secara internasional maka mau tidak mau setiap akademisi harus menguasai kemampuan tersebut. Kondisi ini yang menjadi dasar Fakultas Biologi Universitas Jendral Sudirman Purwokerto Jawa Tengah perlu mempersiapkan lulusan-lulusan terbaiknya agar memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mampu dibuktikn secara legal dengan tes TOEFL ITP®.

Kali ini  Fakultas Biologi Universitas Jendral Sudirman Purwokerto Jawa Tengah bekerjasama dengan Center for International Language and Cultural Studies CILACS)-Universitas Islam Indonesia Yogyakarta menjalin kerja sama dalam program pelatihan bahasa Inggris TOEFL ITP® Preparation sekaligus tes resmi  TOEFL ITP® Online Remote Proctoring yang diperuntukkan bagi 20 orang mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Jendral Sudirman yang telah lolos seleksi.

Program pelatihan maupun tes TOEFL ITP® dilaksanakan secara daring (online) dan berlangsung sejak bulan Juni hingga Agustus 2021.  Program ini dibuka secara resmi oleh Dekan  Fakultas Biologi Universitas Jendral Sudirman Purwokerto Jawa Tengah  Prof.Dr.rer.nat. Imam Widhiono MZ, M.S. Saat membuka kelas perdana pada Selasa 15 Juni 2021 tersebut beliau menjelaskan bahaawa program yang dibiayai Fakultas Biologi ini  sekaligus menandai dimulainya pertemuan perdana. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala CILACS UII Lizda Izwari, S.T., M.Sc, dalam sambutannya Lizda Iswari mengucapkan terima kasih kepada Fakultas Biologi Universitas Jendral Sudirman Purwokerto Jawa Tengah yang telah mempercayakan program ini kepada CILACS UII. Lebih lanjut Lizda menyampaikan bahwa memiliki keahlian untuk berbicara di dunia luas salah satunya yaitu bahasa Inggris yang diunakan untuk berkomunikasi akan menunjang sebuah keberhasilan. Namun demikian, kesuksesan program ini tergantung juga kepada individu yang menjalankannya,

Pada akhir kegiatan pembukaan kelas perdana itu dilakukan pemaparan materi yang akan ditempuh selama 22 kali pertemuan dengan durasi 120 menit. Pada akhir program akan dilaksanakan TOEFL ITP®  resmi secara online. Harapan yang akan dicapai kedua belah pihak antara lain meningkatnya kemampuan peserta dalam bahasa Inggris sehingga memiliki bekal  dalam menghadapi dunia kerja nantinya. (Ank)