Tes CEPT Online Bulan Juli 2020 Sudah Dibuka

 

Perkembangan teknologi khususnya dalam bidang computer dan jaringan internet   sangat maju, hamper semua wilayah hingga pelosok negeri sudah memiliki jaringan internet yang memadai. Begitu juga masyakat sebagi pengguna  atau kerap disebut user sudah sangat familiar dengan hal tersebut. Dalam situasi sperti saat ini, dimana dunia pad umumnya yang sedang mengalami krisis global dalam dalam berbagai aspek yang diakibatkan oleh pandemi virus Covid-19 dimana masyarakat diharuskan tetap tinggal dirumah agar menghambat penyebaran virus tersebut. Maka, jaringan komputer internet menjadi hal yang sangat penting dan seakan menjadi solusi utama dalam menjalankan aktivitas sehari-hari baik dalam pekerjaan maupun pembelajaran.

Cilacs UII saat ini sudah mempersiapkan diri untuk melaksanakan pembejaran daring dan tes online namun hanya berlaku untuk tes CEPT saja. Sedangkan tes TOEFL ITP®, TOEFL iBT® dan IELTS™ pelaksanaannya mengikuti aturan peneribit yaitu penundaan pelaksanaan hingga batas waktu yang ditentukan nanti.

Terkait tes CEPT online, Cilacs UII telah menyiapkan portal khusus CEPT yang bisa digunakan oleh masyarakat namun saat ini pelaksanaanya hanya baru dibuka untuk mahasiswa UII saja, Begitu berbicara sistem ujian online, maka yg ada dikepala sebagian orang adalah ‘kebebasan yg seluas-luasnya’. Namun sesungguhnya tidaklah demikian, tes online aturan dan syarat tersendiri baik pelaksanaan maupun system pengawasannya, aplikasi tes yang digunakan juga khusus disediakan sehingga membatasi kemungkinan peserta berbuat curang.

Secara teknis tes ini berlangsung di waktu khusus secara bersamaan dimana peserta memiliki akses pribadi yang tidak memungkinkan peserta dapat bekerja sama dengan peserta lain dan akan tetap dimonitor oleh supervisor tes yang bertugas saat itu. Selain itu peserta juga wajib menyediakan perangkat tes tersendiri dan terhubung dengan jaringan internet yang cukup yaitu minimal 1 GB agar pelaksanaannya tidak terhambat. Informasi terkait pendaftaran dan persyaratan tes ini dapat diakses di website Cilacs UII. 

Harapan yang ingin dicapai yaitu pelaksanaan tes CEPT ini dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa UII dalam berbagai kepentingan. (Ank)