Hadapi Tantangan Global Dengan Penguasaan Bahasa Asing

UNDUH BROSUR >>

Penguasaan bahasa asing sangat diperlukan saat ini, banyak orang berlomba-lomba mencari metode dan cara agar menguasai Bahasa asing dengan baik. Namun dalam kenyataannya, penguasaan Bahasa asing tidaklah mudah, banyak faktor yang mempengaruhinya.

Dihubungi secara online, Mulyono Andri Wibowo, S.Pd selaku Kepala Departemen Penelitian dan pengembangan (Litbang) Cilacs UII mengungkapkan, pada masa ini imbas pandemi dalam dunia pendidikan dan dunia kerja berubah secara besar-besaran. Dalam dunia pendidikan saat ini metode pembelajaran berubah menjadi pembelajaran daring dengan pemanfaatan kemajuan teknologi dan internet serta tidak terbatas lagi dengan jarak. Segi positifnya adalah orang akan mampu belajar banyak hal dalam satu waktu dan juga dapat mempelajari banyak hal dengan syarat utamanya tentu pendidik dan peserta didik harus siap dengan kemajuan teknologi.

Dalam dunia kerja juga mengalami dampak,saat ini dunia kerja juga sudah memanfaatkan koneksi internet dan kemajuan teknologi. Orang saat ini tidak lagi berorientasi bekerja sebagai pegawai di instansi pemerintah. Kecanggihan teknologi menumbuhkan ide kreatif untuk menciptakan usaha baru. Orang saat ini berorientasi untuk mendapatkan penghasilan dengan prinsip kebebasan waktu. Adanya platform media sosial yang memberikan kesempatan untuk membuka usaha sangat mempengaruhi pola pikir kaum milenail saat ini. Mereka lebih memilih untuk memanfaatkan kesempatan tersebut. Misal, saat ini banyak orang membuat channel youtube dengan membagikan video sesuai dengan minat mereka bahkan orang yang berada tidak hanya di daerah perkotaan  banyak yang melakukan. Kemajuan teknologi memunculkan banyak aplikasi yang dapat mendukung kegiatan atau usaha. Pada masa saat ini orang dapat dengan mudah membuat, mempromosikan usaha mereka hanya dengan smartphone yang mereka miliki didukung aplikasi dan media sosial yang sudah dengan mudah diakses oleh banyak orang.

Dalam dunia kerja formal pun saat ini juga memaksa orang untuk mampu melaksanakan kegiatan dengan tuntutan memiliki lebih dari satu keahlian. Mereka dituntut memiliki kehalian selain keahlian utama mereka yang didapat dari bangku pendidikan.

Lebih lanjut, Andri, demikian nama panggilannya, menambahkan bahwa penguasaan teknologi tentu harus diikuti dengan kemampuan penguasaan bahasa asing. Mengapa? Sebab aplikasi, platform yang berkaitan dengan teknologi tersebut panduannya umumnya dalam bahasa asing. Lebih jauh lagi, saat ini orang dapat belajar atau bekerja lintas negara, tanpa ada batasan jarak, sehingga syarat utama dalam komunikasi adalah kemampuan berbahasa asing.

Kendala utama saat ini adalah metode yang saat sebelum pandemi orang dapat belajar langsung dalam ruang kelas saat ini terbatas. Memang teknologi sudah mampu dengan memberikan pilihan bagi peserta untuk belajar secara daring tetapi banyak yang belum siap karena belum siap dengan kemampuan penguasaan teknologi. Lembaga yang sebelumnya mempunyai program tatap muka mengalami kendala saat pembelajaran berubah menjadi daring sebab membutuhkan ahli dan waktu untuk merubah cara penyampaian materinya.

Metode daring atau pembelajaran jarak jauh ini juga memiliki kendala bagi peserta jika mereka juga tidak siap dengan kemampuan teknologi dan koneksi internet.

Secara umum, banyak orang masih bingung mencari lembaga atau media belajar bahasa asing yang mampu memberikan layanan belajar bahasa asing di masa pandemi yang menyediakan materi, metode, dan tutor yang bagus. (Ank/Maw)

UNDUH BROSUR >>