Persiapkan Studi ke Timur Tengah PPM MBS Bekali Santrinya Dengan Tes SIMLA

Pelaksnaan Tes SIMLA

Bahasa Arab secara internasional telah diterima dan berkembang dalam berbagai bidang  ilmu sains dan teknologi dunia global, bahasa Arab menjadi memiliki daya tarik dan minat masyarakat dunia terlebih lagi dalam dunia muslim yang telah memiliki sejarah tersendiri. Seperti kita ketahui bahwa bahasa Arab dikenal sebagai satu-satunya bahasa dalam kitab suci Al- Quran dan telah menjadi bahasa resmi negara-negara Islam.

Peradaban Islam yang berkembang saat ini telah menjangkau dan menguasai berbagai berbagai bidang baik ekonomi, pendidikan dan teknologi.  Hal ini membawa bahasa Arab untuk menjadi bagian dalam perkembangan dunia modern sehingga paturt menjadi salah satu bahasa yang wajib dikuasai oleh semua pihak.

Berkaitan dengan hal itu, semua pihak perlu mempersiapkan diri sejak dini, sperti halnya yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Modern (PPM) Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta (MBS), dalam menyiapkan santri yang berkulaitas saat lulus nanti maka para santri diwajibkan mengikuti program bimbingan belajar khusus di PPM MBS sebagai persiapan studi lanjut ke Timur Tengah yang bekerja sama dengan Cilacs UII. Salah satu kegiatannya yaitu tes SIMLA Online bagi para santri Pondok Pesantren Modern (PPM) Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta (MBS) yang diikuti sebanyak 56 orang siswa.

Proses pengawasan Tes SIMLA

Saat dihubungi melalui telepon pada hari Rabu 17 Februari 2021 di ruang kerjanya, Dinar Darundini A.H, S.I.P selaku koordinator kegiatan menyampaikan bahwa Tes SIMLA yang dilaksanakan pada Selasa, 26 Januari 2021 lalu dengan pihak PPM MBS adalah kerjasama pertama kali yang semoga dapat membuka kerjasama lain yang terus berkesinambungan. Ditambahkan oleh Dinar, bahawa tes SIMLA ini dilaksanakan secara online melalui sistem pengawasan  remote proctoring dengan menerapkan persyaratan dan ketentuan yang sangat ketat untuk menjaga validitas tes. Sebagian besar santri mengikuti tes SIMLA online dari rumah masing-masing dan sebagian lagi mengikuti dari sekolah.

SIMLA (Syahadah al-Ikhtibar li Maharah al-Lughah al-‘Arabiyyah) merupakan sebuah alat ukur tes bahasa Arab yang diterbitkan oleh Cilacs UII yang dapat digunakan oleh siapa saja antara lain guru, mahasiswa, akademisi maupun umum untuk berbagai keperluan antara lain sebagai pelengkap prasyarat untuk studi lanjut beasiswa LPDP, kelulusan, dll. SIMLA menguji 3 kemampuan antara lain : Fahm Masmu’ (Menyimak), Asalib wa Tarakib (Tata Bahasa) dan Fahm Maqru’ (Pemahaman Bacaan). Dnr/Ank