Siswa BIPA Cilacs UII Bangga Pelajari Jemparing

foto bersama dengan pendamping Jemparing dari Padepokan Dewandanu

Keanekaragaman budaya Indonesia sudah diakui oleh dunia internasinal, khususnya jawa, ada batik, tari tradisonal, kuliner tradisonal, jemparing, gamelan, wayang, pencak silat, dsb. Pengenalan budaya lokal inilah yang menjadi salah satu materi favorit dalam pembelajaran BIPA Cilacs UII saat ini. Selain bisa mempraktikkan bahasa Indonesia yang dipelajari, siswa BIPA mendapat pengalaman khusus sesuai minatnya.

Khaleefah M. Albakay sedang diberi pengarahan menggunakan Jemparing

Khaleefah M. Albakay, berasal dari negara Libya, merupakan siswa BIPA yang saat ini sedang belajar bahasa  Indonesia sebagai sarana penunjang belajarnya di Indonesia. Saat ini Khaleefah sudah menempuh level 2 dan pada Sabtu lalu 20 Juli 2019 diajak untuk mengenal Jemparing yaitu salah satu seni panahan tradisional di Yogyakarta dan dilatih secara langsung dari Padepokan Dewondanu Yogyakarta.

Khaleefah M. Albakay sedang menjajal kemampuannya menggunakan Jemparing

Walaupun harus belajar dari dasar namun pada saat itu, Khaleefah M. Albakay menyampaikan kebanggannya bisa mengenal budaya Jawa yaitu Jemparing bahkan bisa merasakan secara langsung.

Harapan yang ingin dicapai dalam program ini antara lain adalah memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia internasional agar rasa cinta kepada budaya negeri ini semakin tumbuh di masa yang akan datang. (Ank)