Jajaki Kerjasama Universitas Batu Raja Kunjungi Cilacs UII

Universitas Batu Raja Sumatera Selatan pada Sabtu, 20 Juli 2019 berkesempatan menyambangi kantor  Cilacs UII Kampus UII Unit Demangan Jl. Demangan Baru 24 Yogyakarta. Kunjungan tersebut merupakan kunjungan resmi dalam rangka menjajaki kemungkinan kerjasama kedua belah pihak.

Hadir sebagai perwakilan dari Universitas Baturaja (Unbara), Palembang, Sumatera Selatan adalah Darman Syafe’i, S.E., M.Si. (Kepala Bagian Pengembangan Karir, Mahasiswa dan Alumni). Pertemuan disambut hangat oleh Direktur Cilacs UII Fitri Nugraheni, Ph.D melalui perwakilannya yaitu Aditya Suci selaku Kepala Departemen Pemasaran dan Aisyiyah selaku Kepala Departemen Keuangan Adminstrasi Cilacs UII.

Setelah kedua belah pihak memperkenalkan diri, diskusi yang berlangsung santai tersebut membahas tentang kemajuan lembaga masing-masing. Dari pihak Unbara sendiri menyampaikan rencananya untuk mempelajari tata kelola lembaga bahasa yang sudah ada saat ini sekaligus mendalami bagaimana sistem manajemen serta potensi yang mungkin bisa dikembangkan di masa yang akan datang.

Sebagai lembaga bahasa di Yogyakarta yang memiliki banyak pilihan program pelatihan dan tes kebahasaan, Cilacs UII membuka peluang kerjasama dalam berbagai jenis kebutuhan kebahasaan. Dalam hal ini pihak Unbara juga merasa tertarik untuk mempelajari menjajaki lebih jauh  termasuk tes kompetensi bahasa Inggris. Seperti yang Darman Syafe’i, S.E., M.Si kemukakan bahwa saat ini  di Unbara sendiri belum mengaplikasikan tes kompetensi bahasa Inggris sebagai syarat  kelulusan mahasiswanya. Lebih lanjut pada sesi akhir diskusi bahwa kedua belah pihak juga membahas kemungkinan kerjasama program pengembangan sumberdaya melalui program Training of Trainer (ToT) dan pengenalan tes kompetensi bahasa asing bagi mahasiswa Unbara.

Pada akhir pertemuan dilaksanakan penyerahan kenang-kenangan dan kedua belah pihak  berharap pertemuan ini bisa membawa hasil yang positif dan terus berlanjut sehingga terjalin kerjasama menuju kemajuan bersama. (Ank)