Kembangkan BIPA, Cilacs UII Adakan Pelatihan Guru BIPA Level 2

Program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) saat ini mejadi sebuah program yang diperhitungkan kontribusinya bagi kemajuan di dunia pendidikan dan pertumbuhan ekonomi secara umum. Seperti kita ketahui bersama banyak warga negara asing yang sekarang ini belajar ataupun kuliah di Indonesia di berbagai disiplin ilmu, hal ini menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki daya tarik tersendiri. Dari sumberdaya serta keragaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia telah menarik perhatian dunia internasional, hal ini bisa diartikan juga terbukanya sebuah peluang bagi pelaku usaha khususnya dunia pendidikan untuk memperluas jaringan dan usahanya yang tentu dapat membawa manfaat positif bagi semua pihak.
Menangkap fenomena tersebut, Cilacs UII sebagai lembaga pelatihan bahasa dan budaya Universitas Islam Indonesia yang memiliki program BIPA tentu saja ingin menjadi bagian dalam upaya pengembangan bahasa Indonesia tersebut. Salah satu wujud nyata yaitu Cilacs UII mengadakan pelatihan Program Sertifikat Bagi Guru BIPA Level 2 di Cilacs UII Jl. Demangan Baru 24 Yogyakarta yang bekerjasama dengan APBIPA Bali yang menghadirkan Drs, Nyoman Riasa, M.Ed selaku pemateri.

Wakil Rektor 1 Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Dr. Drs. Imam Djati Widodo, M.Eng., Sc memberikat sambutannya saat membuka acara pelatihan guru BIPA Level 2 Cilacs UII

Sebanyak 16 peserta berasal dari berbagai universitas, lembaga maupun pribadi di seluruh Indonesia mengikuti pembukaan kegiatan ini pada Kamis 25 April 2019, dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor 1 Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Dr. Drs. Imam Djati Widodo, M.Eng., Sc, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pengajaran BIPA ini sangat penting karena menurut data DIKTI saat ini terdapat 45 negara yang sudah terlibat dalam kegiatan BIPA baik mahasiswa Indonesia yang sedang belajar disana atau sebaliknya, artinya bahwa minat untuk belajar bahasa Indonesia saat ini cukup tinggi.

Kepala Cilacs UII Fitri Nugraheni, Ph.D saat memberikan sambutannya

Senada dengan yang disampaikan oleh Kepala Cilacs UII Fitri Nugraheni, Ph.D yang turut mendampingi pembukaan kegiatan tersebut, beliau menyatakan bahwa bahasa Indonesia saat ini diminati tidak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri, disampaikan pula harapan agar materi yang diperoleh peserta nantinya dapat meberikan manfaat dan meningkatkan karir baik di dalam maupun di luar negeri.

Peserta pelatihan sedang berdiskusi

Kegiatan Pelatihan Sertifikat Guru BIPA level 2 ini merupakan rangkaian dari Milad 16 Cilacs UII dan dilakasanakan selama 3 hari sejak hari Kamis hingga Sabtu tanggal 25-28 April 2019 dengan materi penyusunan silabus dan bahan ajar pembelajaran BIPA. (Ank)