Tingkatkan Keahlian Metode Pembelajaran Daring, Cilacs UII Gandeng DPA UII

Kasus pandemi Covid-19 yang terjadi hampir di seluruh belahan dunia telah berdampak kepada aktivitas masyarakat di berbagai negara yang mengakibatkan pembatasan aktivitas di luar rumah dalam rangka menghindari penyebaran virus tersebut. Pemerintah dengan tegas memberikan larangan kepada berbagai sektor untuk melaksanakan aktivitas yang sifatnya mendatangkan massa atau berkerumun. Kita sadari bahwa sektor pendidikan  menjadi salah satu yang terdampak secara langsung, dari tingkat dasar hingga tingkat perguruan tinggi pembelajaran tatap muka belum memungkinkan untuk dilaksanakan, lembaga pendidikan memilih untuk melakukan pembelajaran secara daring (online learning).

Dalam prakteknya, banyak kendala yang dihadapi pada implementasi pembelajaran daring tersebut. Mulai dari perangkat, masalah jaringan internet hingga kemampuan pengajar maupun siswa dalam mengoperasikan program atau aplikasi yang digunakan. Hal ini merupakan tantangan besar bagi para pendidik, untuk itu Cilacs UII mengadakan pelatihan metode pembelajaran daring bagi para pendidik. Kegiatan ini ditujukan untuk  membekali keterampilan bagi staf dan pengajar Cilacs UII dalam upaya menjaga kualitas pembelajaran.

Kegiatan dilaksanakan secara daring dan dibuka secara resmi oleh lizda Iswari, S.T., M.Sc. dengan memberikan sambutan melalui video conference, Lizda menyampaikan bahwa kegiatan ini memberikan pengalaman baru tentang penggunaan aplikasi pembelajaran yang sesuai. Selama ini banyak sekali aplikasi yang tersedia namun masih banyak pengajar yang belum memaksimalkan hal tersebut. Pelatihan ini berharap bisa membangun metode komunikasi dua arah yang kadang menjadi kendala semua pihak. Harapan yang disampaiak yaitu agar supaya kegiatan ini memberi ilmu baru bagi pengajar cilacs UII.

Sedangkan Suprihatin, S.Pd selaku Kepala Departemen Akademik menjelaskan bahawa workshop ini merupakan agenda lanjutan dari lokakarya sebelumnya yakni pembuatan naskah video pembelajaran bagi para pengajar dengan narasumber dari tim Seameo Semolec Indonesia. Selain itu tujuan workshop aplikasi pembelajaran daring bagi pengajar cilacs UII ini untuk memberikan wawasan baru tentang aplikasi sederhana yang dapat digunakan dalam pembuatan video pembelajaran yang mudah dan praktis. Workshop ini diharapkan dapat memberikan pengalaman pengajar untuk membuat media ajar original berupa video pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa.

Menghadirkan narasumber berpengalaman Agung Nugroho Adi, S.T., M.T dari Divisi  Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Direktorat Pengembangan Akademik (BPA) Universitas Islam Indonesia.  Materi yang disampaiakan meliputi perkenalan berbagai program atau aplikasi pembelajaran yang mudah dan efektif, bagaimana mengoperasikannya serta bagaimana melihat keberhasilan yang diraih dalam proses pembelajaran tersebut. (Ank)