Uji Kemampuan Bahasa Asing Siswanya MAN 1 Yogyakarta Gandeng Cilacs UII

Di era globalisasi seperti sekarang ini menuntut masyarakat Indonesia untuk mahir berkomunikasi dalam berbgai bahasa asing, dunia internasional mengharuskan beberapa bahasa asing yang harus dikuasai agar dapat bersaing dalam berbagi bidang. Selain bahasa Inggris, bahasa Mandarin dan bahasa Arab menjadi bahasa yang wajib untuk dikuasai saat ini.

 

Sejalan dengan semangat tersebut, Madrasah Aliyah Negeri Program keagamaan (MANPK) mengadakan kerja sama dengan Cilacs UII dalam penyelenggaraan tes bahasa Arab SIMLA pada Selasa 5 Juni 2018 dan bahasa Inggris CEPT hari Rabu 6 Juni 18 . Kegiatan berlangsung di Ruang Lab Bahasa MAN 1 Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 24 peserta.

 

Suyanto, S.Ag, M.Pd. yang merupakan Wakil Kepala MAN 1 Yogyakarta Bidang Keagamaan serta guru ilmu hadits menegaskan bahwa program tes bahasa Inggris dan bahasa Arab ini rencananya akan dilaksanakan secara reguler (annual) tiap tahun, hal ini digunakan sebagai evaluasi dari pembelajaran bahasa yang telah mereka pelajari.

 

Khusus terkait dengan SIMLA yang merupakan tes bahasa Arab dari Cilacs, bahawa tes ini baru pertama kali digunakan ditingkat menengah atas, namun demikian hal tersebut merupakan langkah positif bagi semua pihak untuk melangkah lebih baik. Yang menjadi catatan adalah, bahwa tes SIMLA bisa digunakan oleh siapa saja dari berbagai tingkatan pendidikan. (Ank)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *